
FFXIII tidak dipungkiri merupakan satu-satunya game PS3 yang belum memiliki banyak detil informasi seperti game-game lain seperti Devil May Cry, Metal Gear Solid, dan Gran Turismo. Anggapan bahwa proses produksi mereka yang memakan waktu lama membuat media Dengeki PS3 mencoba mencari tahu kepada sumbernya langsung. Pada akhirnya, media ini berhasil mendapati dua dedengkot FFXIII untuk memberi penjelasan terkini mengenai game yang katanya nggak cuma dirilis dalam satu edisi saja.
Motomu Toriyama dan Tetsuya Nomura, keduanya adalah orang-orang yang sengaja dikumpulkan Square Enix untuk mengerjakan dua dari judul Final Fantasy, yaitu Final Fantasy XIII dan Final Fantasy Versus XIII. Toriyama, sutradara dari FFXIII, berkomentar sedikit soal perbedaan antara versi PS2 dan PS3 dari game ini. Tadinya, FFXIII diperuntukan untuk PS2, tapi akhirnya berubah ke platform adiknya di bulan Mei 2005.
Ada perbedaan yang nyata antara pengembang di kedua platform ini. Elemen grafis yang tadinya disiapkan untuk PS2 udah nggak bisa digunakan. “Area yang masih kami pertahankan adalah dunia Fabula Nova Crystallis, bagian mitologi yang ada di FFXIII, dan detil karakternya. Untuk sistem battle dan gameplay produksinya dimulai dari awal di PS3,” jelasnya. Perubahan pun juga terjadi pada susunan staf developernya. “Ketika mengembangkan di PS2, semua staf yang berjasa di Final Fantasy X-2 dipertahankan untuk mengembangkan ini. Tapi ketika semua proyek dipindahkan ke PS3, banyak staf baru ambil peran.”
Dari sisi Nomura, yang merupakan sutradara dan desainer karakter untuk Versus, membicarakan tingkat kesulitan antara mengerjakan di PS2 dan di PS3. Menurutnya, tingkat kesulitan yang ditemuinya melebihi tingkat kesulitan ketika transisi antara PS1 dan PS2. Untuk mengatasi masalah ini, semua tim programer di Square Enix mesti berguru dulu dengan produser Yoshinori Kitase terhadap mesin White Engine yang memang dikhususkan untuk pengembangan judul-judul game Square Enix di masa depan. “Kami akan mulai mengembangkan Versus, hanya jika pengembangan White Engine ini selesai,” terang Nomura.
White Engine, adalah bukan mesin yang dikhususkan hanya untuk Final Fantasy XIII. Square Enix akan melakukan peng-update-an terhadap White Engine setiap saat, karena Nomura yakin perbedaan setiap game yang dikembangkan akan membutuhkan set tool yang berbeda pula. “FF Versus XIII akan menggunakan White Engine yang digunakan FFXIII, tapi dengan proses tune-up terlebih dahulu,” kata Nomura.
Jumat, 12 Juni 2009
Final Fantasy XIII Update
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar